Adat Gotong Royong



                Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang adat gotong royong yang sudah ada sejak nenek moyang kita, gotong royong adalah sifat saling membantu satu sama lain sesama manusia tanpa mengenal latar ,status dan jabatan. Jaman dulu gotong royong sangat di junjung tinggi oleh setiap warga indonesia terlebih di daerah daerah yang jauh dari keramaian dan berpenduduk sedikit, gotog royong sudah menjadi darah daging setiap warganya.
                Siskamling adalah salah satu contohnya , tanpa perlu di suruh para bapak bapak akan melakukan patroli keliling dengan sukacita, mereka menyusuri jalan jalan kampung tanpa mengharapkan imbalan yang mereka harapkan hanya segelas kopi panas.
                Namun dewasa ini adat dan kebiasaan itu sudah jarang terjadi di indonesia, terlebih di kota kota besar, warga perkotaan lebih senang hidup secara individu tanpa harus mengenal sekitar mereka terutama di perumahan elit. Budaya budaya lamapun sudah anyak yang di tinggalkan siskamling, gotong royong, pos ronda, dan kerja bakti sudah sangat jarang di kota besar. Mereka lebih mementingkan uang, semua serba di bayar, mereka lebih rela membayar satpam di bandingkan ikut pis ronda, lebih suka membayar dinas kebersihan di bangdingkan kerja bakti.
                Penulis sedikit prihatin bukan karena penulis ingin hidup seperti jaman dulu lagi , namun lebih prihatin terhadap sifat kepedulian terhadap sesama yang kian memudar, kepedulian yang penulis maksut bukan kepedulian kelompok yang berujung anarkis , namun kepedulian sesama yang berbau positif.

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

Blogger templates

Blogger news